Snort | BASE | Adodb | Intrusion Detection System

Beberapa bulan yang lalu, saya sempat install Denyhosts, sebuah program di sistem Linux yang melakukan penolakan terhadap host-host yang dianggap melakukan intrusi ke sebuah sistem. Denyhosts khusus memonitor service SSH, dan mencatatnya dalam sebuah file hosts.deny apabila diketahui ada host dari luar yang gagal melakukan login pada service SSH.

Setelah berjalan sampai sekarang, sudah ada sekitar 10-15 host yang masuk dalam daftar host yang di tolak (hosts.deny). Saya berpikir, bahwa memang banyak intrusi dari luar ke dalam sistem, namun apakah hanya ke service SSH? Teringat akan IDS (Intrusion Detection System) yang sangat terkenal Snort, saya iseng-iseng menginstallnya beberapa hari yang lalu, dan baru sempat saya dokumentasikan sekarang :)

Snort yang akan saya install yang sudah terintegrasi secara web based karena saya juga mengikutsertakan program BASE (Basic Analysis and Security Engine) dan ADOdb sebagai tambahan. Dengan adanya BASE, maka akan ada tambahan dalam mengkonfigurasi web server.

Silakan download tipe file pdf atau doc.

Related Posts by Categories



Relatedpost Widget by Hoctro | Jack Book