Mengembalikan password root yang terlupa..

Account root pada linux sangatlah berharga, ga ada account lain yang bisa berkuasa penuh selain root, trus kalo passwordnya lupa gimana dunks? Ya, ga bisa setting system secara penuh, sudah menjadi kewajiban untuk tidak melupakan password root, karena sangat penting untuk administering system..Tapi kalo lupa, gmana? Nah, makanya judul artikel ini "Mengembalikan password root yang lupa".

Ok, ada 2 cara mengembalikan password root yang terlupa;

1. dengan GRUB boot loader (GRUB tidak terproteksi password)

2. dengan cd Knoppix

Cara 1: (saya menggunakan Ubuntu Linux)

Pada saat booting dan keluar pilihan OS (Grub boot loader), tekan 'e' untuk melakukan editing command line sebelum booting (lihat gambar)



Setelah itu, tekan 'e' lagi pada pilihan kernel /boot/vmlinuz-2.6.12-9-386 root=/dev/sda1 ro quiet splash seperti gambar dibawah ini:


Hapus kata terakhir dari baris perintah tersebut yang mana berkata “splash” ganti menjadi “single” seperti terlihat pada gambar..


Kalo sudah, keluar dengan menekan [enter] dan kita hanya tinggal melakukan booting dengan menekan 'b' saja. Tunggu sampai keluar shell, dan akses root berhasil didapatkan. Selanjutnya tinggal memasukkan perintah 'passwd' dan masukan password root yang baru. Selamat Mencoba..






Cara 2:

Pengembalian password dengan CD Knoppix juga tidak kalah gampangnya, kita hanya memerlukan 1 keping CD bootable Knoopix, dan ikuti cara berikut:

  1. Booting dari CD

  2. Setelah muncul parameter awal dari Knoopix, ketikkan saja knoopix 2 untuk masuk ke modus command prompt only dan akan memunculkan shell seperti ini:

root@tty1[/] #

  1. Kalo udah, mounting partisi Linux yang ingin direcover password root-nya, misalkan partisi linux yang ingin direcover password root-nya ada di /dev/hda1. Maka mount partisi tersebut, misal ke /mnt/hda1, contoh:

root@tty1[/] # mount /dev/hda1 /mnt/hda1
root@tty1[/] #

  1. Langkah berikutnya adalah melakukan proses chroot ke partisi linux yang telah di mount

root@tty1[/] # chroot /mnt/hda1 /bin/bash –login
root@Knoppix #

  1. Jelas sudah,kita berhasil login ke partisi Ubuntu, dengan begitu kita hanya tinggal memasukkan perintah 'passwd' dan memasukkan password root yang baru:

root@Knoppix # passwd
Changing password for user root
New password:
[masukkan password root yang baru]
Retype new password: [ulangi]
passwd: all authentication tokens updated successfully
root@Knoppix #

  1. Ketikkan perintah 'exit' dan lakukan reboot

root@Knoppix # exit
root@tty1[/] # init 6

Demikian, cara pengembalian passwordnya root yang hilang, sekali lagi, cara yang pertama di atas hanya dapat dijalankan apabila GRUB tidak terproteksi oleh password.

NB: Masih ada satu cara lagi pengembalian password root, temukan disini

Related Posts by Categories



Relatedpost Widget by Hoctro | Jack Book