Alternatif Anti-Spam: Gmail SpamFilter

Gmail telah diakui oleh sejumlah pakar bahwa spam filteringnya bekerja dengan sangat baik, berbeda dengan Yahoo!SpamGuard yang sering false positive maupun false negative. Saya juga jadi jarang menggunakan Yahoo sebagai "pendaratan" email-email saya ya karena spam-spamnya itu kadang masih suka lolos. Seminggu saja tidak dicek, wah..bisa-bisa sekitar hampir 500 email bisa ngumpul jadi satu...campur-campur sama spam juga..duh ! Oke, sekarang saya juga setuju dengan pendapat para pakar karena memang, saya sendiri membuktikan bahwa cara kerja Gmail SpamFilter bisa dibilang sangat baik. Meskipun kadang-kadang sekitar 20% masih lolos, tapi kinerja Gmail SpamFilter sudah mendekati sempurna. Sekarang tinggal bagaimana kita "mengajarkan" kepada Gmail SpamFilter ini supaya lebih baik lagi, caranya dengan membantu perbaiki kinerjanya apabila terjadi false negative ataupun false positivenya..

Saya menggunakan mail klien untuk melihat email yang masuk, kebetulan menggunakan Mozilla Thunderbird. Nah, kebetulan lagi, ada email saya yang tidak menggunakan Gmail. Sedikit trik mengakali email saya yang lain agar "diperiksa" dulu oleh Gmail SpamFilter, sehingga ketika tiba di inbox saya, semua spam telah dibersihkan :)

Yang saya lakukan adalah dengan cara menambahkan akun baru pada akun Gmail saya, lalu "melemparnya" ke email saya yang lain (yang tidak menggunakan Gmail). Gmail akan meminta kita memasukkan kode verifikasi yang menyatakan bahwa email tersebut harus benar-benar milik saya. Lalu setelah berhasil verifikasi, sebuah akun telah ditambahkan ke akun Gmail saya.

Pada mail klien saya, tinggal ditambahkan akun baru, yang melemparnya ke server POP3 dan server SMTP Gmail, namun menggunakan alamat email yang bukan milik Gmail. Apakah bisa berjalan dengan baik? Saya coba mengunduh email dari webmail dan hasilnya sangat memuaskan. Beberapa email saya ditandai [SPAM] oleh Gmail dengan sangat baik, sehingga saya hanya perlu membuat filter di mail klien. Filter tersebut kira-kira berbunyi begini:
"Periksa kotak masuk, lalu tandai mail yang mengandung kata [SPAM] pada subyeknya, apabila cocok segera pindahkan ke tempat sampah."


Dengan begini, saya tidak perlu susah payah tiap hari menghapus email-email sampah yang masuk ke akun email yang satu ini. Biar Gmail+Thunderbird yang melakukannya :p

Related Posts by Categories



Relatedpost Widget by Hoctro | Jack Book