Instalasi m0n0wall ke hardisk part 2

M0n0wall part 3.

Melanjutkan postingan sebemlunya untuk instalasi M0n0wall ke hardisk dengan menggunakan generic PC, pada tahap ini akan dilanjutkan dengan mendownload image binary distribusi m0n0wall. Ada baiknya jika sebelum memulai tahap ini dipastikan bahwa Puppy Linux telah terkonfigurasi dengan benar seperti konfigurasi network interface(koneksi internet) agar bisa digunakan untuk mendowload image m0n0wall. Pada saat ini versi terbaru dari distribusi m0n0wall adalah versi 1.231 maka pada tutorial ini akan menggunakan distribusi versi tersebut. Setelah semua persiapan seperti yang dipaparkan pada postingan sebelumnya(part 1) maka bisa langsung di lanjutkan pada tahap berikutnya.


Jalankan SeaMonkey web browser dengan cara seperti pada gambar berikut:



dan downloadlah image m0n0wall untuk generic PC di:

http://m0n0.ch/wall/downloads.php

kemudian pilihlah image untuk jenis generic PC atau untuk cara cepatnya copy link dibawah ini dan paste ke kotak URL.

http://m0n0.ch/wall/download.php?get=generic-pc-1.231.img&mirror=11
kemudian save binary image tersebut di direktori my-documents. Setelah selesai mendowload bukalah console dengan mengklik icon console di desktop



Ketika sudah berada di console masuklah ke direktori /root/my-document karena secara default SeaMonkey meletakan file hasil download didirektori tersebut. pada console jalankan perintah:


#cd my-document

dan untuk memastikan bahwa binary image m0n0wall eksis jalankan perintah:

#ls

berikut tampilan output dari kedua perintah tersebut di atas:



untuk menginstall m0n0wall ke hardisk sebelumnya harus memastikan bahwa hardisk telah dikenali oleh Puppy Linux, dan perlu diingat bahwa hardisk yang digunakan adalah hardisk yang belum terpatisi oleh karena itu untuk mengetahui Puppy mengenalnya sebagai apa maka jalankan perintah berikut pada console:

#fdisk -l

tampilan output dari perintah tersebut dapat dilihat pada gambar berikut:



Dari output perintah diatas(fdisk -l) diketahui bahwa Puppy Linux mengenalnya sebagai /dev/hda. Selanjutnya adalah menginstall m0n0wall dengan menggunakan perintah gunzip dan dd, pada console jalankan perintah berikut:

# gunzip -c generic-pc-1.231.img | dd of=/dev/hda bs=16k

gunzip merupakan utility untuk meng-compress atau decompress file  dan perintah dd atau disebut sebagai disk duplicat yang sering digunakan untuk proses copy meng-copy file atau untuk membuat image. Pada perintah diatas generic-pc-1.231.img di decompres dimana outputnya di pipakan dengan perintah dd yang di tulis ke hardisk (of=/dev/hda), berikut tampilan output dari perintah tersebut diatas:



Sampai disini proses instalasi m0n0wall sudah selesai, restartlah komputer dan ketika muncul jendela pilihan untuk menyimpan sesi maka pilihlah dan jangan lupa untuk mengkonfigurasi BIOS agar booting pertamanya ke hardisk. Jika proses instalasi tanpa mengalami error maka m0n0wall sudah bisa dijalankan, berikut potongan tampilan awal m0n0wall saat booting:



Setelah booting kemudian akan muncul menu Console Setup seperti pada gambar dibawah ini:



Menu console setup digunakan untuk konfigurasi dasar seperti:
- definisi Network interface
- seting IP Address interface LAN agar bisa diakses webGUI dari LAN untuk administrasi
- reset password webGUI yang diperlukan jika lupa password untuk masuk login melalui webGUI
- reset konfigurasi ke konfidurasi awal(default)
- reboot sistem
- ping host

Untuk mengkonfigurasi m0n0wall sebagai firewall, mengatur koneksi internet dari LAN dan alokasi bandwidth(bandwidth shapping) akan dipaparkan pada postingan berikutnya.


Bersambung...

Postingan selanjutnya tentang m0n0wall:
- M0n0wall, Konfigurasi Network Interface.

Postingan sebelumnya tentang m0n0wall:
- Instalasi m0n0wall ke hardisk part 1(konfigurasi Puppy Linux).
- M0n0wall, embedded firewall yang ringan, hemat biaya dan mudah.


referensi :
- http://wikipedia.org
- http://m0n0.ch/wall/
- dll

Related Posts by Categories



Relatedpost Widget by Hoctro | Jack Book