Instalasi m0n0wall ke hardisk part 1(konfigurasi Puppy Linux)

M0n0wall Part 2.

Mengenai penjelasan tentang m0n0wall yang merupakan embedded firewall bisa di lihat pada postingan sebelumnya di sini. Pada postingan ini akan dipraktekan step by step instalasi m0n0wall ke hardisk pada generic PC(PC standar), karena distribusi m0n0wall berupa image binary dan cdrom(iso) image livecd yang tidak bisa diinstal langsung ke hardisk, maka pada artikel ini instalasinya menggunakan image binary melalui puppy linux livecd untuk membuat m0n0wall bisa booting dari hardisk. PC yang gunakan untuk instalasi m0n0wall cukup komputer lama(PII keatas) dengan memori minimal 64 MB dah kapasitas hardisk 100 MB keatas.

Persiapan
- PC dengan spesifikasi minimal seperti telah disebutkan di atas dengan hardisk yang belum terpatisi serta minimal mempunyai dua buah kartu jaringan(NIC/Ethernet Card).
- Puppy Linux livecd, ISO imagenya dapat di download di sini.
- Image binary m0n0wall untuk generic PC yang dapat di download di sini. Pada tutorial ini akan digunakan m0n0wall versi 1.231 type: raw CF/HD image for generic PCs

Instalasi
Setelah mendownload Puppy Linux dan kemudian membakar(burning) ke CD kemudian hidupkanlah komputer dan masuklah ke BIOS (biasanya dengan menekan tombol DEL) untuk menseting booting pertamanya ke CDROM, simpanlah konfigurasi tersebut dan masukanlah CD Puppy Linux tersebut ke CDROM, selanjutnya restart komputer tersebut. Setelah loading akan muncul pilihan boot, tekan enter atau biarkan saja tunggu selama 5 detik maka Puppy akan booting otomatis booting secara default seperti pada gambar di bawah ini :



selanjutnya akan muncul menu pilih negara, pilihlah indonesia-west/east kemudian tekan enter.



berikutnya akan tampil pilihan layout keyboard, pilih qwerty(USA) kemudian tekan enter.



selanjutnya akan muncul pilihan X-server untuk menjalankan Puppy dalam mode grafis, pilih X-vesa dan tekan enter.



Kemudian Puppy akan loading dalam mode grafis dan pada saat masuk ke mode grafis akan muncul pilihan resolusi yang akan digunakan. Sebaiknya jangan memilih resolusi yang terlalu besar jika komputer yang digunakan mempunyai spesifikasi rendah, cukup gunakan resolusi 800x600x16 dengan menekan tombol 800x600x16 dan kemudian tekan tombol OK, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:



Secara default Puppy tidak otomatis menseting network interface, oleh karena itu kita harus mensting network interface sendiri. Selanjutnya klik icon connect pada desktop yang tampak seperti gambar berikut:



maka akan muncul jendela Internet connection wizard, pilihal tombol connect to internet by network interface



Kemudian akan muncul jendela baru untuk memilih interface yang akan dikonfigurasi dan pilihlah salah satu network interface, misal eth0 maka tekanlah tombol eth0 pada jendela tersebut.



selanjutnya akan muncul opsi apakah interface tersebut akan di seting dhcp untuk mendapatkan IP Address secara otomatis atau akan diseting dengan IP Address statik, lihat gambar.



berikut akan dicontohkan untuk seting IP Address dengan dhcp dan IP Address statik:

  • Seting IP Address dengan dhcp
    Dengan Auto DHCP network interface akan mendapatkan IP Address secara otomatis dari server DHCP, untuk itu tekanlah tombol Auto DHCP seperti tampak pada gambar berikut :



    kemudian tunggu sejenak, jika konfigurasi dan berhasil mendapatkan IP Address dari server DHCP maka akan muncul jendela yang menyatakan konfigurasi sukses dan menanyakan apakah akan menyimpan konfigurasi tersebut untuk sesi berikutnya, karena disini puppy digunakan hanya sekali yaitu untuk menginstall m0n0wall maka sebaiknya tidak usah di simpan dengan menekan tombol No.



    sampai disini puppy sudah bisa terhubung ke kejaringan/internet. kemudian akan muncul jendela utama Puppy Network Setup, tekan exit untuk mengakhiri.

  • Seting IP Address statik
    Untuk seting IP Address maka terlebih dahulu kita harus tahu IP Address gateway dan DNS server. untuk melakukannya tekan tombol Static IP seperti pada gambar berikut:



    kemudian muncul jendela untuk memasukan IP Address secara manual(statik), masukan lah IP Address, netmask(networkmask/subnetmask) dan DNS servernya. Lihat contoh seperti pada gambar di bawah:



    Perhatian..!!
    masukan dns server yang didapat dari ISP anda.

    setelah semua terisi dengan benar tekan tombol OK, tunngu sejenak dan kemudian akan muncul jendela yang menyatakan konfigurasi sukses dan pilihan apakah akan menyimpan konfigurasi ini untuk sesi berikutnya, karean puppy digunakan hanya sekali maka sebaiknya tekan NO.



    sampai disini puppy sudah bisa terhubung ke kejaringan/internet. kemudian akan muncul jendela utama Puppy Network Setup, tekan exit untuk mengakhiri.
Setelah konfigurasi network interface selesai tanpa ada error maka langkah selanjutnya mendowload image binary M0n0wall untuk generc PC, image tersebut bisa didapatkan secara gratis di :  
http://m0n0.ch/wall/downloads.php.
Pada halaman download tersebut terdapat beberapa jenis image, karena m0n0wall akan diinstall ke PC standar maka pilihlah image binary generic PC dengan Type: raw CF/HD image for generic PCs.

Bersambung...

Postingan selanjutnya tentang m0n0wall:

- Instalasi m0n0wall ke hardisk part 2.
- M0n0wall, Konfigurasi Network Interface.


Postingan sebelumnya tentang m0n0wall:

- M0n0wall, embedded firewall yang ringan, hemat biaya dan mudah.

Referensi:
- http://wikipedia.org
- http://m0n0.ch/wall
- dll

Related Posts by Categories



Relatedpost Widget by Hoctro | Jack Book